perpustakan kota yogyakarta, nikmati wifi gratis di tengah kota yogyakarta


Perpustakaan kota yogyakarta terletak di jl Suroto no 9 Yogyakarta atau di sebelah selatan dari toko buku Gramedia. Bagi kalangan mahasiswa dan masyarakat khususnya kota Yogyakarta, tempat ini wajib dikunjungi sebagai tempat untuk mencari referensi bacaan ataupun sebagai tempat untuk berdiskusi, belajar maupun sebagai tempat untuk mencari informasi melalui internet berkat adanya fasilitas wifi dan beberapa komputer yang terkoneksi dengan layanan internet.

perpustakan kota yogyakarta, nikmati wifi gratis di tengah kota yogyakarta
sumber : yogyainfo

Perpustakaan kota yogyakarta memiliki beberepa fasilitas layanan, diantaranya adalah   :

Koleksi sirkulasi

Koleksi sirkulasi merupakan tempat di lantai 1. Ada kurang lebih 10 rak buku di ruangan ini. Berbagai macam buku dengan beberapa bidang ilmu dapat anda temukan, selain itu di ruang lantai 1 terdapat tempat yang cukup nyaman yang dapat anda gunakan untuk membaca buku yang anda cari. Di ruangan ini juga terdapat instalasi listrik untuk digunakan sebagai sumber daya laptop yang anda bawa.

Internet

Bagi yang ingin menggunakan fasilitas internet dan tidak membawa laptop, perpustakaan kota yogyakarta menyediakan layanan internet secara gratis. Setidaknya ada 4 komputer yang bisa anda gunakan di ruangan lantai I. Untuk dapat menggunakan fasilitas ini anda hanya diminta untuk mengisi data diri anda pada daftar kunjung yang telah disediakan oleh petugas perpustakaan. Seringkali internet PC di tempat ini ramai digunakan, oleh karenanya anda harus mengantri terlebih dahulu dan menunggu panggilan antrian dari petugas perpustakan. waktu penggunaan fasilitas pc ini juga dibatasi hanya 1 jam saja. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada pngunjung lainnya yang ingin memanfaatkan fasilitas ini.

Wifi area


Selain meyediakan buku-buku serta layanan internet PC gratis, perpustakaan kota Yogyakarta juga menyediakan area wifi yang bisa anda gunakan. Area yang ini berada di luar dari perpustakaan. Beberapa gazebo didirikan untuk dapat menampung para pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas wifi gratis. 

Ruang baca anak 

Bagi anda orang tua yang ingin mengajarkan serta menanamkan kecintaan membaca pada buah hati anda, perpustakaan kota Yogyakarta menyediakan ruangan khusus bagi anak-anak. Ruangan baca khusus anak berada di lantai 2 perpustakaan. Ruangan baca didesain secara menarik sehingga diharapkan buah hati anda merasa nyaman dan betah di ruangan yang menyediakan banyak buku bacaan untuk anak-anak ini.

Ruangan  untuk pertemuan

Selain menyediakan berbagai macam koleksi buku serta layanan internet gratis, perpustakaan kota Yogyakarta juga menyediakan tempat yang bisa digunakan sebagai pertemuan. Ruangan ini cukup luas dan dilengkapi dengan beberapa perlengkapan untuk presentasi. Namun anda harus menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum menggunakan perpustakaan ini.

Shelter dengan akses internet

Disisi sebelah timur dari perpustakaan kota Yogyakarta terdapat beberapa shelter yang bisa anda gunakan untuk beristirahat maupun untuk menikmati layanan internet dari wifi area. Shelter disini mempunyai fasilitas akses ke instalasi listrik. Untuk menggunakan fasilitas wifi dari perpustakaan Yogyakarta, anda diwajibkan untuk mengisi daftar hadir kemudian anda akan diberikan pasword untuk akses ke layanan wifi.

Selain fasilitas-fasilitas yang telah disebutkan, perpustakaan kota Yogyakarta juga memiliki beberapa fasilitas lain seperti ruangan audio visual, mushola, loker, kantin dan toilet. Perpustakaan ini cukup nyaman dan ditata dengan sedemikian rupa sehingga terkesan rapi dan nyaman untuk sarana belajar. Setiap hari perpustakaan ini ramai dikunjungi oleh beberapa orang yang berasal dari beberapa kalangan. Mahasiswa, pegawai kantoran, pelajar bahkan anak-anak. Rata-rata semua mempunyai tujuan yang sama, yakni mencari informasi dari beberapa layanan yang disediakan oleh perpustakaan.

Para pengunjung Perpustakaan Kota juga diperkenankan meminjam buku untuk dibawa pulang, perpustakaan ini juga melayani keanggotaan. Setiap anggota yang telah terdaftar akan dapat meminjam buku untuk dibawa pulang sebanyak dua eksemplar dalam jangka waktu satu minggu. Untuk persyaratan pendaftaran keanggotaannya adalah  sebagai berikut :


  • Mengisi formulir Pendaftaran 
  • Formulir Masyarakat Umum
  • Formulir Mahasiswa
  • Formulir Siswa
  • Menyerahkan Pas Photo ukuran 2x3 atau 3x4 sebanyak 1 lembar
  • Bagi Masyarakat Umum di wilayah DIY menyerahkan fotocopy KTP/ SIM DIY yang masih berlaku sebanyak 1 lembar.
  • Bagi Mahasiswa, Universitas di wilayah DIY menyertakan fotocopy KTM dan KTP/SIM yang masih berlaku sebanyak 1 lembar.
  • Bagi Siswa/ Pelajar TK dan SD diharuskan mendapat rekomendasi dari orang tua dan menyertakan fotocopy KTP/SIM Orang tua yang masih berlaku sebanyak 1 lembar.
  • Bagi Siswa/ Pelajar SMP dan SMA diharuskan mendapat rekomendasi dari pengelola perpustakaan sekolah dan menyertakan fotocopy Kartu Pelajar sebanyak 1 lembar.


Perpustakaan kota Yogyakarta menerima bantuan atau donasi bagi anda yang ingin menyumbang buku bacaan. Anda dapat memberikan buku kepada petugas perpustakaan yang berada di counter bank buku, mengisi data diri dan menyerahkan buku tersebut. Pihak perpustakaan akan memproses buku yang anda bawa untuk dijadikan koleksi dan sumber bacaan di perpustakaan kota Yogyakarta.

Kesimpulannya : Perpustakaan kota Yogyakarta merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh pemerintah kota Yogyakarta bagi masyarakat sebagai tempat untuk mencari sumber informasi ataupun sumber referensi. Perpustakaan kota Yogyakarta merupakan tempat yang direkomendasikan bagi anda yang ingin mencari informasi dan menanamkan minat baca kepada buah hati anda berkat adanya ruang baca anak yang cukup nyaman digunakan. Bagi kalangan mahasiswa, tempat ini menyediakan beberapa buku yang bisa dijadikan literatur tugas ataupun penelitian.


Jam buka

Senin                : 15:30-20:00 WIB
Selasa-Kamis   : 08:00-20:00
Jumat-Minggu  : 09:00-20:00

Alamat  : jl Suroto no 9 ( 0274-511314 )

0 Response to "perpustakan kota yogyakarta, nikmati wifi gratis di tengah kota yogyakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel